Xeon Phi, processor 50 core dari Intel...

Xeon Phi, processor 50 core dari Intel
Intel telah mengumumkan processor bar terbarunya yang diberi nama Xeon Phi, Senin, 18 Juni kemaren di acara International Supercomputing Conference, yang berlangsung di Jerman. Processor ini dikabarkan memiliki 50 core di dalamnya.
Menilik dari jumlah core yang digunakan, memang bisa kita tebak jika processor ini bukanlah dibuat untuk komputer biasa, tetapi lebih dikhususkan untuk High Performance Computing (HPC), Workstation, ataupun Data Center
Pada awalnya, processor ini lahir dari sebuah proyek yang disebut dengan "Larabee" yang berusaha untuk mengembangkan sebuah chip untuk konsol game generasi baru seperti Playstation 4 yang dibatalkan pada tahun 2009 lalu. Kemudian proyek tersebut akhirnya dialihkan ke pembuatan processor untuk super komputer.
Intel mengklaim bahwa produknya ini lebih baik dibandingkan dengan GPU dari AMD ataupun NVIDIA. Hal ini disebabkan karena pemakaian arsitektur x86 yang dianggap lebih mudah untuk diprogram untuk pemrosesan paralel.
Bentuk dari processor 50 core ini tidaklah sama dengan processor untuk soket motherboard yang biasa dipakai pada komputer biasa, tetapi lebih mirip dengan expansion card dengan interface PCI-Express.
Processor 50 core ini menggunakan teknologi fabrikasi 22nm dan 3-D tri-gate transistors yang sama  dengan processor Core-i Generasi Ketiga (Ivy Bridge). Processor ini akan didampingi dengan RAM GDDR5 setidaknya sebesar 8 GB. Demikian ditulis Kompas dalam salah satu lamannya.
Intel mengatakan sudah ada sekitar 44 perusahaan yang berminat untuk memakai processor ini seperti Dell, HP, dan IBM. Xeon Phi. akan menjalani debut perdananya pada sebuah proyek hasil kerjasama Texas Advanced Computing Center (TACC) dengan University of Texas yang disebut Stampede. Yaitu sebuah cluster HPC Linux dengan daya komputasi sebesar 10 petaflop yang akan mulai beroperasi pada awal 2013.

No comments:

Post a Comment

Followers