Coca cola dan Fuji elektrik bekerjasama membuat mesin penjual minuman "tanpa listrik"...

Coca cola dan Fuji elektrik bekerjasama membuat mesin penjual minuman "tanpa listrik"...
gambar diambil dari : engadget.com
Coca cola bekerja sama dengan Fuji Electric Retail Systems menciptakan sebuah mesin penjual softdrink yang mampu menjaga minuman tetap dingan tanpa menggunakan tenaga listrik. Vending machine (mesin penjual) yang diberi nama AO11 mampu menjaga minuman kaleng yang berada didalamnya tetap dingin sampai 16 jam sehari tanpa perlu listrik. Bagaimana hal ini bisa terjadi???
Sebenarnya mesin ini tidak 100% tanpa listrik untuk menjaga minuman tetap dingin. Hanya saja proses pendinginan yang biasanya dilakukan pada tengah hari saat penggunaan listrik sedang banyak-banyaknya digeser menjadi malam hari saat penggunaan listrik tidak terlalu banyak yang otomatis membuat kapasitas daya yang tersisa menjadi lebih besar dibanding siang hari.
Dan setelah mesin selesai melakukan proses pendinginan sampai suhu tertentu, vacuum insulation dan ruang kedap udara akan menjaga suhu tersebut agar tetap dingin sepanjang hari. Teori yang bagus bukan??? Lalu bagaimana pada pengaplikasiannya di lapangan???
Coca cola baru akan menguji coba vending machine ini  selama 2 bulan pada musim panas ini di Tajimi City di perfektur Gifu dan Kumagaya City di Perfektur Saitama. Jika uji coba ini berhasil, maka coca cola akan menambah jumlah vending machine ini. Hal yang sangat baik untuk menunjukkan bahwa mereka juga perduli terhadap lingkungan dan penghematan energi.

No comments:

Post a Comment

Followers