Booster Brolly, payung yang sekaligus charger dan "wajan bolik" dari Vodafone

Booster Brolly, payung yang sekaligus charger dan "wajan bolik" dari Vodafone
gambar diambil dari : beritateknologi.com
Jika sebelumnya pada artikel 7 teknologi ramah lingkungan yang sudah ada saya pernah membahas tentang sepatu boot yang bsia digunakan untuk mengisi ulang baterai gadget, kini hadir juga sebuah teklnologi charger yang tidak kalah unik uga yang disebut Booster Broll.
Booster Brolly yang diperkenalkan oleh Vodafone ini berbentuk sebuah payung yang dilengkapi dengan panel solar cell 12×2 volt yang akan mengubah tenaga panas matahari menjadi tenaga listrik yang bisa anda gunakan untuk mengisi ulang baterai gadget anda.
Panel solar cell yang terdapat pada kanopi payung akan menyerap tenaga matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik kemudian menyimpannya pada baterai sementara yang terdapat di gagang payung. Kemudian melalui port USB, tenaga listrik tersebut dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai gadget anda. Sang kreator mengklaim bahwa proses pengisian baterai menggunakan payung ini tidak akan memakan waktu lebih dari 3 jam.
Selain menghasilkan tenaga listrik, ternyata Booster Brolly berfungsi juga sebagai penguat sinyal. Pasalnya payung canggih ini memiliki antena berjenis high-gain dan sebuah penguat sinyal bertenaga rendah untuk mengumpulkan gelombang radio dari transmiter telepon seluler terdekat. Sederhananya payung ini adalah layaknya sebuah wajan bolik yang bisa anda bawa-bawa untuk mendapatkan sinyal komunikasi yang lebih baik
Booster Brolly diciptakan oleh sebuah tim yang terdiri dari beberapa mahasiswa program doctor (PhD) dari University College London yang dipimpin oleh Dr. Kenneth Tong. Mereka menyebut payung ini sebagai "James bond's umbrella" atau payung james bond karena kecanggihan teknologi yang dimilikinya.
Saat ini Booster Brolly masih dalam tahap penelitian dan pembuatan. Namun dimungkinkan sudah bisa diperkenalkan pada ajang Isle Of Wight Festival 2012 yang akan diselenggarakan pada akhir bulan ini di Inggris.
O iya, karena payung ini memanfaatkan tenaga matahari untuk mengubahnya menjadi tenaga listrik, sekaligus juga merupakan penguat sinyal, akan lebih baik jika tidak anda gunakan ketika musim hujan. kecuali jika anda memang ingin merasakan hangatnya belaian petir. Sepertinya semboyan "sedia payung sebelum hujan" tidak berlaku pada payung Booster Brolly dari vodafone ini. ^_^

No comments:

Post a Comment

Followers