Proyek Google untuk menyelamatkan lebih dari 3000 bahasa yang hampir punah di dunia ini...

Proyek Google untuk menyelamatkan lebih dari 3000 bahasa yang hampir punah di dunia ini...
Saat ini diketahui bahwa Google sedang mengerjakan proyek penyelamatan bahasa yang ada di seluruh dunia ini. Banyak sekali bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi di dunia ini. Indonesia saja memiliki berapa ribu bahasa yang masih digunakan sampai saat ini.
Google secara berkala memasukkan buku-buku klasik di database web mereka dengan harapan kelak 100 tahun kedepan bahasa-bahasa tersebut tidak punah dan masih tersisa untuk anak cucu kita. Sudah hampir 3000 bahasa yang berbeda yang mereka kumpulkan dalam sebuah proyek yang mereka sebut dengan proyek Endangered Languages yang secara langsung didanai dan dikomandoi oleh Google bersama dengan Alliance for Linguistic Diversity.
Bisa dibilang ini mirip dengan Wikipedia. Namun secara lebih spesifik hanya mengupas masalah bahasa saja. Pada web ini tidak hanya ada bermacam-macam bahasa berupa teks, tetapi juga ada file video yang berisi percakapan orang yang menggunakan masing-masing bahasa tersebut.
Kebanyakan dari bahasa yang dikumpulkan oleh proyek ini adalah bahasa-bahasa yang sudah mulai digunakan. Sehingga dikhawatirkan akan segera punah dalam 100 tahun mendatang. Hmm kayaknya bahasa Jawa juga bakal segera masuk di database mereka dah. Orang saat ini saja anak-anak kecil di Jogja ngomongnya sudah pake bahasa Indonesia bukan bahasa Jawa lagi.

No comments:

Post a Comment

Followers