Linus Torvalds mengatakan "Fuck you, NVIDIA" karena tidak suport Linux...

Linus Torvalds mengatakan "Fuck you, NVIDIA" karena tidak suport Linux...
Linus Torvalds, orang dibalik keberadaan kernel Linux pada sebuah interview di Finlandia mengekspresikan kekesalannya kepada NVDIA karena produk chip barunya tidak suport terhadap Linux dengan mengacungkan jari tengahnya kepada kamera.
Pada dasarnya Linus Torvalds memang tidak senang dengan kenyataan bahwa NVIDIA tidak suport Linux seperti yang dia harapkan. Menurutnya, hal tersebut sangat menyebalkan, sebab NVIDIA ikut menikmati kejayaan Android yang pada dasarnya berbasis OS Linux, yang artinya seharusnya NVDIA memiliki beban moral untuk berterima kasih juga kepada Linux dengan membuat chip yang juga suport terhadap Linux.
Kemarahannya ini bermula ketika  seorang pengguna Linux di Universitas Aalto, Finlandia menanyakan tentang dukungan beberapa fitur NVDIA seperti Optimus yang bisa melakukan switching GPU On dan Off untuk menghemat energi, yang datang terlambat ke Linux. Terlebih lagi NVDIA menyatakan bahwa fitur NVDIA tersebut tidak akan sama levelnya dengan yang diterapkan pada sistem operasi lain seperti Windows, Android, dan Mac OS.
Permasalahan tentang NVIDIA Linux driver memang bukan hal yang baru. Sudah setahunan lebih para pengguna Linux mengeluhkannya. AMD sudah mencoba untuk memberikan solusi tentang masalah itu dengan merilis open-source drivers. Namun NVDIA masih tidak bersedia untuk melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan AMD dengan alasan hal tersebut dapat membocorkan beberapa rahasia perusahaan. Hal ini mereka sebut dengan "Intellectual Property". Sangat mengejutkan, sebuah perusahaan yang menghabiskan lebih dari $500 Juta untuk mengembangkan sebuah chip ingin melindungi hal itu.
Hmm, melihat dari apa yang telah dilakukan oleh NVIDIA, mungkin kita bisa sedikit memahami kenapa Linus Torvalds sampai mengeluarkan kata-kata itu di depan kamera.

No comments:

Post a Comment

Followers