Ditemukan virus baru pada Mac OS X...

Ditemukan virus baru pada Mac OS X yang menyerang beberapa pengguna Mac Uyghur
gambar diambil dari : ubergizmo.com
Kaspersky Labs melaporkan bahwa mereka telah menemukan virus baru pada Mac OS X yang menyebar melalui file .zip. Costin Raiu dari Kaspersky Labs mengatakan bahwa virus tersebut dapat menghambat ATP menggunakan backdoor baru dari MacOS X yang ditargetkan untuk aktivis Uyghur.
Uyghur merupakan sebuah kelompok etnis Turki  yang mendiami Asia timur dan Asia tengah. Senin kemaren, kelompok tersebut dilaporkan dibubarkan oleh Polisi Cina ketika melakukan sebuah unjuk rasa damai.
Raiu yakin jika serangan APT tersebut ditujukan untuk para pengguna Mac di kelompok Uyghur tersebut. Virus ini menyerang dengan cara merayu pengguna Mac untuk menginstal sejenis MaControl backdoor dimana sebenarnya itu adalah sebuah virus. Di dalam virus tersebut terdapat enkripsi IP address yang dikabarkan servernya ada di China melalui sebuah C+C server.
Jika pengguna Mac tergoda untuk menginstal aplikasi tersebut, maka virus akan membuka backdoor dan membukakan pintu bagi attackers untuk menjalankan komputer Mac tersebut. Riau juga memperkirakan jumlah serangan pada Mac OS X akan terus bertambah mengingat begitu populernya perangkat besutan Apple tersebut.
Riau juga menambahkan bahwa Dalai Lama merupakan salah satu pengguna komputer Mac. So, tidak mengejutkan jika jumlah serangan APT akan semakin meningkat. “It is no surprise that we are seeing an increase in the number of APT attacks,” kata Raiu.

No comments:

Post a Comment

Followers