Robojelly, Robot ubur-ubur berbahan bakar Hidrogen... [video]

Robojelly merupakan sebuah penemuan baru dari ilmuwan Amerika yang bisa menyelam dan bergerak seperti ubur-ubur. Robojelly ini berbahan bakar hidrogen dan kelak akan digunakan untuk penyelamatan bawah air. Robot yang saat ini masih dalam tahap pengembangan ini dikabarkan mampu berenang dengan baik sehingga nantinya dapat digunakan sebagai kendaraan.
Robojelly berenang dengan menggunakan otot buatan yang melingkar di bagian dalam tubuhnya yang berbentuk seperti payung, dan bergerak layaknya ubur-ubur. Untuk meniru mekanisme pergerakan ubur-ubur tersebut, Robojelly menggunakan bentuk paduan memori yang dapat mengingat gerakan otot hingga kembali kebentuk aslinya.
Robojelly juga didukung oleh panas yang memproduksi reaksi kimia antara oksigen dan hidrogen di dalam air, serta menggunakan bahan berjenis platina di permukaan luarnya. Panas yang dihasilkan dari reaksi tersebut dikirimkan kepada otot tiruan pada robot untuk menghasilkan energi. Proses ini akan dapat berulang, sehingga robot dapat meregenerisasi bahan bakar dari air dan tidak perlu lagi menggunakan baterai eksternal. Demikian dikutip dari Okezone.

No comments:

Post a Comment

Followers