GrowTainer, peti kemas sekaligus lahan pertanian indoor...

Sayur dan buah import mengalami perjalanan yang sangat panjang hingga sampai ke tangan konsumen. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap kesegaran dari sayur dan buah ini. Untuk itu tercetuslah ide untuk menciptakan sebuah kontainer khusus yang disebut Growtainer oleh GreenTech Agro Inc. Dengan kontainer khusus ini sayur dan buah dijamin akan tetap segar hingga sampai ke negara tujuan.
Anda salah jika membayangkan Growtainer ini berisi pendingin untuk menjaga kesegaran sayur dan buah di dalamnya. Karena Growtainer ini bisa dibilang merupakan sebuah peti kemas sekaligus lahan pertanian indoor. Di dalam Growtainer terdapat semacam rak untuk sayur/ buah, lampu LED sebagai pengganti sinar matahari dan irigasi air melalui pipa. Sehingga tanaman bisa tetap hidup dan tumbuh selama perjalanan.
Untuk mengontrol semuanya itu, bisa dilakukan dengan sebuah komputer khusus yang ada di dalam Growtainer. Komputer ini akan mengatur kuantitas "sinar", irigasi, dan keperluan lainnya sesuai dengan kebutuhan jenis sayur atau buah yang dibawa.

GrowTainer sendiri sudah diujicoba oleh militer Amerika untuk memasok sayur dan buah segar untuk pasukannya yang berada di Afganistan. Sehingga tentara mereka dapat menikmati sayur dan buah segar juga. Andai saja teknologi GrowTainer ini digunakan untuk mengirim pasokan sayuran segar ke Afrika bukan untuk konsumsi perang yang tolol dan rakus. Pasti mereka yang di Afrika sana akan mendapatkan kecukupan gizi.


No comments:

Post a Comment

Followers