Teknologi untuk mencegah sopir mabok mengemudi...

Teknologi untuk mencegah sopir mabok mengemudi
Masih jelas dipikiran kita kisah Afriyani di Tugu Tani. Mengingatkan akan betapa mengerikannya mengemudi dalam kondisi mabok. Bahkan menurut data dari sebuah survey, hampir sebelas ribu orang di dunia meninggal akibat kecelakaan setiap tahunnya yang salah satu penyebab utamanya adalah mengemudi saat mabok.
Alasan itulah yang mendasari beberapa peneliti untuk mengembangkan sebuah alat yang dapat mendeteksi kondisi pengemudi, apakah mabok atau tidak. Alat ini menggunakan sensor infrared yang terpasang didekat pengemudi yang akan dapat mendeteksi kadar alkohol di tubuh pengemudi tersebut melalui nafasnya.
Alat tersebut secara otomatis akan membuat mesin mobil menolak untuk dinyalakan, saat mendeteksi bahwa kadar alkohol di tubuh pengemudi melampaui batas normal. Sehingga pengemudi tersebut tidak akan menjadi malaikat pencabut nyawa dadakan lagi. ^_^
Untuk saat ini alat tersebut masih dalam tahap penelitian. Sehingga belum ada detail terperinci tentang spesifikasinya. Diharapkan dalam beberapa tahun lagi akan segera terealisasikan untuk menekan angka kecelakaan yang semakin bertambah setiap tahunnya.

No comments:

Post a Comment

Followers