Cool Head Helmet, helm dengan penyejuk...

Cool Head Helmet, helm dengan penyejuk
Biasanya kepala kita akan merasa gerah saat mengenakan sebuah helm. Merasa sumpek, panas, lengket dan lain-lain yang tidak nyaman. Namun lain halnya jika kita mengenakan helm yang satu ini.
Helm yang diberi judul Cool Head Helmet karya Andrés Salazar Ruiz Velasco ini sebenarnya dibuat khusus untuk digunkaan oleh para tentara yang bertugas di daerah yang sangat panas. Sesuai dengan namanya, helm ini didesain untuk memberikan nuansa sejuk di kepala pemakainya.
Ide awal pembuatan helm dengan penyejuk ini sebenarnya dari sistem pertahanan yang dimiliki oleh Coleoptera Xerophile, yaitu sebuah kumbang yang hidup di gurun dimana cangkangnya menyerap kelembaban di udara kemudian mengubahnya menjadi air untuk cadangan minuman dan bertahan di daerah dengan suhu yang ekstrim.
Mekanisme tersebut akhirnya diaplikasikan pada pembuatan helm ini. Dimana di dalam helm tersebut terdapat sebuah ruang yang sangat kecil yang akan menampung air dari proses pengembunan. Sehingga kepala pengguna helm akan tetap terasa sejuk sepanjang pemakaian.
Selain itu,  terdapat juga sebuah pipa yang bisa digunakan untuk menyedot air hasil pengembunan pada helm tersebut sebagai air minum jika dalam keadaan terdesak. dan ketika tentara berperang di bawah terik matahari, helm tersebut juga dapat melindungi mereka dari radiasi sinar UV.
Cool Head Helmet, helm dengan penyejuk

Cool Head Helmet, helm dengan penyejuk

No comments:

Post a Comment

Followers