Kertas yang terbuat dari kotoran manusia...

kertas yang terbuat dari kotoran manusia
Tahukah anda, sebuah perusahaan Israel yang bernama applied clean tech telah membuat sebuah kertas yang terbuat dari kotoran manusia. Dengan mengolah sisa-sisa kotoran manusia yang didapat dari tanki penampung kotoran, pabrik ini berhasil menciptakan kertas daur ulang yang bisa anda gunakan untuk menulis seperti kertas biasa pada umumnya.
Sebenarnya tidak 100% bahan kertas ini terbuat dari kotoran manusia. Karena sebenarnya yang diambil dari tanki penampung kotoran manusia adalah tisu-tisu toilet yang bekas digunakan untuk cebok. Seperti yang kita tahu di negara non muslim kan cebok biasanya tidak menggunakan air tetapi menggunakan tisu.
Perusahaan ini melakukan proses penguraian untuk memisahkan kotoran murni dengan tisu toilet bekas untuk mendapatkan bahan baku kertas ini. Kemudian layaknya sebuah pulp (bubur kertas), hasil penguraian tisu toilet tadi dicetak menjadi sebuah kertas. Mereka mengklaim, 10% kebutuhan pasar akan kertas dapat terpenuhi dari sistem ini. Selain itu, mereka juga mengklaim hal ini bisa juga dapat membantu penyelamatan lingkungan.
Saat ini pihak perusahaan tersebut sedang berusaha melakukan kerjasama dengan fasilitas pembuangan limbah kotoran manusia di Amerika dan Eropa untuk mendapatkan bahan kertas yang terbuat dari kotoran manusia tersebut. Hag hag, ada ada aja yak ^_^

No comments:

Post a Comment

Followers