Lapisan anti gores handphone yang bisa memperbaiki diri secara otomatis ketika terjadi goresan...

Lapisan anti gores handphone yang bisa memperbaiki diri secara otomatis ketika terjadi goresan
Toray Advenced Film Co Ltd. dikabarkan akan segera menjual sebuah "Self-cure Coat Film," yaitu sebuah lapisan anti gores untuk layar handphone yang bisa memperbaiki diri secara otomatis ketika terjadi goresan kecil.
Pelindung layar dengan teknologi seperti ini sebenarnya sudah beberapa waktu lalu Toray gunakan untuk produk laptop. Dan baru tahun ini akan diluncurkan untuk versi ponselnya.
Self-cure Coat Film dibuat dengan menggunakan metode wet coating atau pelapisan basah untuk membentuk sebuah lapisan yang dapat melakukan fungsi pemulihan yang mereka sebut dengan "self-repairing layer" pada permukaan PET (Polyethylene Terephthalate) film.
"Kita membuat sebuah improvisasi terhadap bahan yang dikatakan memiliki fungsi perbaikan diri. Kita menganalisa mekanisme tersebut kemudian mengaplikasikannya pada desain film ini." Demikian tutur pihak Toray Advanced Film. Meskipun demikian mereka enggan mengungkapkan secara detail bahan seperti apa yang mereka gunakan.
Ketebalan dari PET ini sekitar 125μm atau kurang dan lapisan 'perbaikan diri' sekitar beberapa puluh micrometer. Selain itu ketebelannya juga bisa disesuaikan dengan permintaan konsumen.

Untuk proses perbaikan dirinyaitu sendiri, pelindung layar ini mampu memperbaiki diri dengan sangat cepat. "Pada suhu kamar, goresan hilang dalam 10 detik atau kurang," Toray Advanced Film.
Pihak perusahaan juga menyatakan, lapisan ini tetap berfungsi sebagaimana mestinya setelah dilakukan pengujian sebanyak 20.000 kali. Produk ini kan diperkenalkan pada Highly-functional Film Technology Expo yang ketiga yang akan diselenggarakan pada 11 hingga 13 April ini di Tokyo.

No comments:

Post a Comment

Followers