JBatik, aplikasi lokal untuk membuat motif batik...

Aplikasi JBatik
Aplikasi JBatik merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat motif batik tradisional. Seperti yang kita tahu Batik sudah menjadi budaya resmi Indonesia. Dan dengan adanya aplikasi JBatik ini, semoga batik akan semakin berkembang, populer dan tidak diakui oleh bangsa lain lagi.
Aplikasi yang dikembangkan oleh Pixel People Project ini dapat memetakan pola-pola batik secara matematis kemudian diterjemahkan ke dalam perangkat lunak sehingga dapat menciptakan pola-pola batik yang baru secara digital. 
"Dalam perangkat lunak JBatik, mula-mula gambar batik diolah dan dibuat distribusi frekuensinya. Kemudian dimensinya dihitung dan dibuat fraktalnya. Yang luar biasa adalah dari satu rumus dapat dihasilkan banyak motif desain." Demikian dikutip dari kacahati.wordpress.com.
Aplikasi JBatik ini berhasil menarik perhatian khalayak banyak pada ajang INAICTA 2008 lalu. Alhasil  aplikasi JBatik ini mendapatkan penghargaan tertinggi dari ajang tersebut. Bahkan tidak berhenti sebatas itu, aplikasi JBatik ini juga mendapatkan penghargaan Asia Pacific ICT Award (APICTA) 2008 untuk kategori ‘Tourism and Hospitality’ dan UNESCO 2008 Award of Excellence sebagai ‘Stamp of Approval’.
Dengan diraihnya penghargaan-penghargaan tersebut di kancah dunia, maka JBatik sudah terbukti sebagai produk yang berkualitas tinggi dan berpeluang besar untuk menempus pasar dunia. Keren kan??? Cintai Batik yuk... ^_^

No comments:

Post a Comment

Followers