Seorang Walikota di Jepang mengalihkan Website kota ke Facebook...

Mendengar segala hal yang berhubungan dengan biaya operasional pejabat-pejabat kita memang sangat menggeramkan. Beberapa waktu lalu ribut soal rencana pembangunan kantor baru. Dan saat ini ribut soal renovasi kantor yang menelan biaya milyaran. Ternyata pejabat kita tidak hanya tuli dan buta tetapi juga udik. Dari pada membangun kantor baru dengan alasan file sudah terlalu banyak, anda kan bisa mencetak dokumen ke dalam bentuk digital sehingga menjadi ringkas seperti yang pernah saya bahas dalam Book Saver dulu.
Nah kali ini ada contoh kesederhanaan yang dicontohkan oleh pejabat dari negara yang luar biasa yaitu Jepang. Adalah Keisuke Hiwatashi seorang Walikota Takeo Jepang yang memanfaatkan Facebook sebagai pengganti web khusus untuk menampilkan informasi tentang kota Takeo. Nah coba anda bayangkan jika pembuatan website DPR (yang saat tulisan ini dibuat tidak bisa diakses) yang menelan biaya miliaran rupiah diganti dengan memanfaatkan Facebook yang notabene sangat populer di Indonesia. Berapa milyar penghematan negara kita???
Menurut kabar yang beredar belum lama ini Keisuke Hiwatashi mengalihkan website kota Takeo ke Facebook dan mengharuskan seluruh staff memiliki akun facebook untuk memberikan informasi tentang kota tersebut. Hasilnya, informasi yang diberikan bisa meningkatkan jumlah pengunjung sebanyak 5x lipat dibandingkan di taruh website mereka. Biaya yang biasa mereka gunakan untuk merawat website nya sekitar 6 juta Yen atau sekitar 600 juta. Namun setelah dipindahkan ke Facebook biaya menjadi NOL dengan pengunjung yang meningkat 5 kali lipat. SUPER SEKALI. Andai saja Pejabat kita berpikiran demikian juga. ^_^

No comments:

Post a Comment

Followers