Earphone yang selalu stereo...

Earphone dibuat berpasangan, ada L (Left) dan R (Right). Namun dalam pemakaiannya kita sering mengabaikannya. Padahal sebenarnya jika pemakaian earphone ini terbalik maka kualitas yang dihasilkannya pun tidak optimal. Untuk itu Japan Science and Technology (JST) tengah mengembangkan sebuah teknologi baru untuk mengantisipasi hal ini.
JST mengembangkan sebuah earphone yang disebut dengan Universal Earphones. Kemampuan earphone ini antara lain mampu mengubah fungsi earphone L (Left) menjadi R (Right) jika pengguna tanpa sengaja terbalik dalam menggunakannya. Dengan demikian kualitas suara yang dihasilkan tetap optimal meski earphone kanan dipakai pada telinga kiri.
Kemampuan lainnya adalah ketika anda menggunakan earphone ini hanya satu buah di kiri saja atau di kanan saja, kualitas suara dijamin tetap stereo. Hal ini akan sangat berguna bagi anda yang suka berbagi earphone dengan kekasih anda saat mendengarkan sebuah lagu dari gadget anda.
Kedua hal tersebut bisa terjadi karena pada salah satu earphone ini dipasang proximity sensor yang akan memberikan tanda jika earphone terpasang terbalik. Sementara pada earphone yang satunya lagi dipasang sebuah distance sensor yang jika kedua buah earphone digunakan pada jarak tertentu (yang tentunya lebih jauh dibanding jarak telinga kiri dan telinga kanan) maka secara otomatis sebuah speaker kecil yang ada di dalam earphoe akan men-stereo kan suara pada kedua earphone tersebut.
Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat saja video yang ada di bawah ini :

No comments:

Post a Comment

Followers