Aplikasi handphone untuk mengetik tanpa melihat layar...

Menulis pesan sms mungkin sudah biasa bagi kita yang memiliki mata normal. Namun bagaimana dengan orang tuna netra??? Nah kabarnya peneliti dari Georgia Tech tengah mengembangkan sebuah aplikasi handphone yang disebut Braille Touch yang dapat digunakan untuk mengetik tanpa melihat. Keren kan???
Sesuai dengan namanya  Braille Touch diciptakan khusus untuk membantu kalangan tunanetra dalam menggunakan ponsel cerdasnya. Aplikasi handphone ini disiapkan untuk smartphone dengan layar sentuh. Saat digunakan, aplikasi handphone ini akan mengeluarkan suara yang sesuai dengan huruf yang keluar di layar. Jadi, meskipun penggunanya tidak melihat layar ponsel, tidak akan terjadi salah ketik.
Braille Touch pertama kali telah diperkenalkan dalam acara Abilities Expo-Atlanta 2012, pada 17 - 19 Februari 2012. Acara ini digelar di Georgia World Congress Center. Dalam uji coba prototipe Braille Touch di iPhone yang dilakukan oleh seorang tunanetra, pengguna dapat menulis 32 kata per menit dengan akurasi 92 persen.
Meskipun sebenarnya aplikasi handphone ini diciptakan khusus untuk kaum tunanetra, tetapi tidak menutup kemungkinan jika nanti akan terjual bebas dipasaran dan dipakai oleh orang-orang biasa. Dan untuk mengenal lebih jauh tentang aplikasi handphone ini, anda bisa melihatnya pada video di bawah ini :

No comments:

Post a Comment

Followers