Alat bantu tunanetra untuk berbelanja sendiri

Pernahkah terbayang dibenak anda bagaimana susahnya seorang tunanetra ketika harus berbelanja sendirian??? Betapa rawannya penipuan harga barang terhadap mereka menginspirasi seorang Dinard José da Mata Filho untuk menciptakan sebuah alat bantu untuk  membantu mereka mengenali harga barang-barang di supermarket meski mereka tidak melihat dan tidak bertanya kepada orang yang melihat.
Desainnya sendiri berupa sebuah gelang tangan yang dilengkapi dengan pembaca barcode yang terhubung dengan sebuah headphone. Dengan memakai gelang dan headphone ini, kaum tunanetra akan mampu mengenali harga sebuah barang dengan mengarahkan gelang tersebut ke arah barang yang akan dibeli. Kemudian data tersebut akan diproses dan diberitahukan kepada penggunanya dalam bentuk pesan suara melalui headphone.

Dengan menggunakan alat tersebut para tuna netra selain dapat mengenali berapa harga sebuah barang, dapat juga mengetahui harga barang yang sejenis, teknikal data dari barang tersebut, dan juga memilih warna yang mereka inginkan. Saya pikir ini adalah sebuah karya yang sangat berguna dan sangat jenius. Demikian saya kutip dari yankodesign.



No comments:

Post a Comment

Followers