Robot si Gale gale, robot penari Tor Tor

Robot, perkembangannya sangat pesat di negeri Jepang sana. Salah satu yang sangat terkenal adalah ASIMO. Bahkan ada juga Robot yang wajahnya sangat mirip dengan manusia. Namun negara kita ternyata tidak kalah dengan Jepang loh.
Baru-baru ini diadakan kontes robot yang bertajuk International Robot Olympiad (IRO) 2011 di Indonesia. Para roboters-roboters dari penjuru Indonesia unjuk gigi di ajang ini. Dan salah satu Robot yang sangat menarik menurut saya adalah Robot karya tim robotik Universitas Indonesia. Robot mereka yang diberi nama Si Gale-gale memiliki wujud yang terlihat sangat "rasis". Bagaimana tidak, robot ini mengenakan kain ulos (kain tradisional khas suku Batak, Sumatra Utara).
Namun lebih "rasis" lagi ternyata si Gale Gale mampu manari Tor Tor. Dengan dilengkapi 21 actuator, Si Gale Gale mampu menggerakkan kedua tangannya menirukan gerakan tari Tor Tor dengan gesit. Gerakannya pun sesuai dengan tempo musik yang mengiringinya. Alhasil Si Gale Gale berhasil meraih Technical Award. Hebat kan???

No comments:

Post a Comment

Followers