Desain rumah amphibi...

Pemerintah Inggris telah menyetujui sebuah proyek perumahan yang disebut dengan perumahan amphibious. Perumahan ini akan dibangun di daerah aliran sungai Thames, Buckinghamshire. Proyek ini sendiri di desain oleh Baca Architects. Apa keistimewaan dari desain rumah ini???
Seperti namanya "amphibi" yang berarti bisa di darat dan di air, rumah memiliki kemampuan untuk bertahan di didarat (saat normal) dan di air (saat banjir). Desain rumah ini mampu mengambang mengikuti tinggi air ketika lahan tempatnya berpijak tergenang banjir. Richard Coutts, director of Baca Architects mengklaim desain rumah ini mampu mengapung hingga ketinggian 2,5 meter. Dan ketika ketinggian air semakin berkurang maka ketinggian rumah ini pun akan menyesuaikan.
Dengan desain rumah yang seperti ini rumah bisa didirikan sangat dekat dengan pinggir sungai tanpa takut tergenang saat air meluap. Desain rumah seperti ini tentu sangat cocok jika diterapkan di daerah rawan banjir seperti Jakarta. Sayangnya untuk membangun rumah ini anda memerlukan biaya hingga 25% lebih mahal dibanding dengan membangun pondasi rumah biasa.
Rumah ini dirancang untuk menjadi sebuah bangunan ramah lingkungan dengan water saving dan energy saving devices, jendela besar. Dengan halaman yang menghadap ke arah taman di tepi sungai, pemandangan rumah menjadi semakin menarik. Selain itu, taman tersebut akan bertindak sebagai sistem peringatan alam. Kebun dan teras didesain dengan tingkat ketinggian yang berbeda yang akan naik secara bertahap jika terjadi banjir sehingga memberikan penghuni cukup waktu untuk menilai situasi dan mengevakuasi barang barang berharganya jika diangap perlu.



No comments:

Post a Comment

Followers