Sistem T-ray Band diklaim 20x lebih cepat dibanding WiFi...

T-ray Band
Setelah beberapa waktu ini kita 'dihebohkan' dengan kemunculan Wi-Fi 802.11ac yang kabarnya mampu mencapai kecepatan transfer hingga 1,3 Gbps kali ini yang terbaru menyebutkan bahwa di Jepang sana tengah dikembangkan sebuah sinyal WiFi yang kecepatannya mencapai 20x kecepatan dari Wi-Fi 802.11ac yang saya rasa sudah cukup cepat. So???
Yup, segerombolan peneliti di Jepang, tepatnya dari Tokyo Institute of Technology telah berhasil melakukan uji coba transfer data dengan model nirkabel dengan kecepatan 3 Gbps. Hmm ini mah 2,5x bukan 20x nya Wi-Fi 802.11ac. Uji coba ini menggunakan gelombang Terahertz yang mereka sebut dengan T-ray Band yang jelas sangat bertentangan dengan frekwensi lazim yang digunakan WiFi saat ini yaitu GigaHertz. But, no matter.

Namun masih ada kelemahan dalam sistem baru ini, yaitu jangkauannya. Untuk saat ini jangkauan dari sistem T-ray Band masih hanya sebatas radius 10 meter saja. Dengan demikian bisa dibilang kurang mobile untuk ukuran sistem nirkable. Namun, bukan peneliti namanya kalau menyerah. Mereka berjanji akan segera meningkatkan kemampuan dari sistem T-ray Band ini hingga batas yang benar-benar sudah dijanjikan. Ganbatte!!!

No comments:

Post a Comment

Followers