Bio-Cleaner system, membersihkan tumpahan minyak di laut dengan bakteri...

Bio-Cleaner system 01
Masalah pencemaran air laut akibat minyak bumi yang tumpah sepertinya semakin menjadi masalah yang serius. Dan sepertinya akan semakin mengancam kehidupan bawah laut jika tidak segera diatasi. Namun akan terasa begitu berat jika hanya orang perorang yang peduli. Kita harus melakukannya secara bersama-sama.
Dan salah satu yang tengah dilakukan adalah dengan menciptakan sebuah alat yang disebut dengan Bio-Cleaner system. Alat yang didesain oleh Hsu Sean ini merupakan sebuah sistem yang akan bekerja secara otonom dengan teknologi penanganan limbah menggunakan biodegredating bacteria serta sebuah alarm khusus yang akan 'mengusir' hewan-hewan laut agar tidak mendekati area minyak yang tumpah tersebut. Dengan sistem yang demikian, ibaratnya 'sekali mendaki, dua gunung besar terlampaui.'
Bio-Cleaner system ini menggunakan teknologi biosensor untuk melacak aliran minyak untuk kemudian mengikuti tumpahan tersebut sekaligus melepaskan bakteri untuk mendegradasi polutan. Dengan kata lain proses ini melakukan penyempitan area minyak kemudian melakukan pembersihan dan mencegah tumpahan minyak semakin meluas. Selama proses pembersihan berlangsung, sistem ini akan mengirimkan gelombang akustik frekuensi tinggi yang mencegah ikan dan hewan lainnya agar tidak memasuki daerah tersebut.
Bio-Cleaner system

Bio-Cleaner system 03

Bio-Cleaner system 04

No comments:

Post a Comment

Followers