Kran air yang bisa menghasilkan energi listrik

Kran air yang bisa menghasilkan energi listrik
gambar diambil dari yankodesign.com
Sebelumnya pernah kita membahas tentang sebuah panci yang memanfaatkan panas api untuk menghasilkan energi listrik yang disebut dengan Powerpot. serta kompor kayu yang juga memioliki kemampuan demikian yang disebut dengan BioLite HomeStove. Nah kali ini, kita akan membahas tentang kran air yang bisa menghasilkan energi listrik.
Konsep kran air yang bisa menghasilkan energi listrik ini pertama kali dicetuskan oleh Ryan Jongwoo Choi  yang tertarik untuk memanfaatkan aliran air di keran yang cukup cepat untuk menghasilkan energi listrik yang cukup untuk menyalakan sebuah lampu.
Dengan sistem kerja yang menyerupai prinsip kerja turbin di PLTA, konsep ini mulai dirancang dan akhirnya diberi nama Es Pipe. Di dalam pipa kran tersebut disematkan beberapa turbin kecil yang akan bergerak karena tekanan air saat kran dibuka yang kemudian tenaga gerak tersebut akan diubah menjadi tenaga listrik dengan menggunakan semacam dinamo.
Tenaga listrik yang dihasilkan tersebut kemudian disimpan dalam sebuah baterai yang berbentuk sebuah bola lampu khusus yang terpasang tepat di atas pipa kran. Bola lampu tersebut kemudian dapat anda gunakan sebagai penerang saat malam hari.
Mungkin sistem ini terdengar sangat simple. Namun coba anda bayangkan jika sistem ini digunakan pada daerah yang belum tersentuh listrik. Dengan memanfaatkan sebuah drum besar sebagai penampung air kemudian bagian kran-nya menggunakan Es Pipe, maka ini akan menjadi sebuah cahaya baru bagi malam-malam mereka yang gelap. ^_^

No comments:

Post a Comment

Followers