BioSole, sepatu untuk membuka password...

BioSole, sepatu untuk membuka password
gambar diambil dari : ubergizmo.com
Dulu mungkin kita menggunakan internet hanya untuk membuka email saja. Makanya satu password dan satu username saja sudah cukup untuk kita ingat setiap hari. Namun saat ini kita butuh membuat banyak akun untuk facebook, twitter, youtube, dan lain lain. So, apakah kita akan menggunakan satu username dan satu password untuk semua akun tersebut???
Itu memang bisa mempermudah kita dalam mengingatnya. Namun hal tersebut sangatlah rawan. Satu akun yang berhasil diketahui passwordnya oleh orang yang tidak bertanggung jawab akan membuat beberapa akun lain yang kita miliki menjadi sasaran empuk berikutnya.
Memang sih untuk kalangan mahasiswa yang belum menjadi apa-apa seperti saya ini tidaklah ada hal penting yang perlu dilindungi dari akun internet yang saya miliki. Namun coba bayangkan jika anda adalah seorang pebisnis ataupun orang penting dalam pemerintahan??? Nah loh!!!
Untuk memudahkan hal ini, beberapa peneliti dari Carnegie Mellon University tengah mengembangkan sebuah cara baru untuk mengingat banyak password. Dan uniknya anda tidak akan mengingatnya di kepala anda, tetapi di kaki anda.
Bekerjasama dengan sebuah perusahaan yang bernama Autonomous ID, para peneliti tersebut menghadirkan sebuah sepatu yang disebut dengan BioSole yang dapat digunakan sebagai sarana untuk login ke akun milik anda. Bagaimana caranya???
Sebuah sistem sensor akan dipasangkan pada sol sepatu ini yang akan mengidentifikasi penggunanya dalam jarak 3 langkah dengan akurasi hingga 99%. Nah, masalah berikutnya saya belum tahu pasti apakah hal ini cuma sekedar akan membuat akun hanya bisa dibuka oleh pengguna sepatu yang sudah teridentifikasi oleh sensor, atau secara otomatis akun akan terbuka ketika orang yang dimaksud berada 3 langkah dari komputer yang menyala. Silakan lihat saja langsung di sumbernya : ubergizmo. ^_^

No comments:

Post a Comment

Followers