Robot yang bisa dikendalikan menggunakan pikiran bahkan dalam jarak lintas negara...

Robot yang bisa dikendalikan menggunakan pikiran bahkan dalam jarak lintas negara...
gambar diambil dari spectrum.ieee.org
Pernah nonton film Surogates??? Nah di film itu kita disuguhi cerita fiksi dimana seorang manusia dapat mengendalikan sebuah tubuh lain yang berupa robot yang menggantikan keberadaannya di dalam masyarakat. Robot yang di film tersebut disebut dengan Surogates ini dapat beraktivitas layaknya manusia di luar rumah bahkan dalam jarak yang sangat jauh dari si menusia pengendalinya.
Nah ternyata teknologi semacam itu saat ini sudah ada. Dan Virtual Embodiment and Robotic Re-embodiment (VERE) lah yang saat ini dikabarkan tengah mengembangkan sebuah teknologi pengendalian robot yang hampir menyerupai surogates tersebut.
Memang sih pergerakannya masih terbatas dan tidak sekompleks film fiksi ilmiah tadi. Namun dengan menggunakan teknologi yang disebut dengan Functional magnetic resonance imaging atau functional MRI (fMRI), robot ini dapat bergerak mengikuti pikiran manusia yang mengendalikannya meskipun dalam radius yang bahkan suara si pengendali tidak lagi dapat terdengar. 
Bahkan katanya pengendalian ini bisa terjadi meskipun lintas negara. Misalnya nih, Robot tersebut ada di Malaysia, terus pengendalinya ada di Indonesia. Hebat sekali bukan??? Lalu bagaimana sistem kerja dari robot "telepati" ini???
fMRI bekerja dengan mendeteksi perubahan dalam aliran darah untuk mengukur aktifitas otak secara real time denga tingkat yang sangat teliti. Hal ini akan dapat mendeteksi perubahan yang sangat kecil seperti ketika membedakan antara saat anda berpikir "ke kiri" dengan "ke kanan".
Dari uji coba yang sudah dilakukan yang ditampilkan dalam video di bawah nanti diperlihatkan seorang peneliti yang berada di Israel yang menggunakan mesin fMRI memikirkan tentang "berjalan maju" atau "bergerak ke kanan atau ke kiri" dan di tempat yang jaraknya ribuan kilometer dari tempat peneliti tersebut berada yaitu di Perancis peneliti lain mendapati robot tersebut bergerak sama dengan apa yang si peneliti di Israel pikirkan.
Semakin terlihat mirip dengan Surogates bukan??? Hanya saja robot yang dikendalikan wujudnya tetap sekumpulan bahan metal yang disatukan dalam wujud "manusia" kerdil. Bukan dalam wujud manusia seutuhnya seperti yang ada dalam film Surogates.

No comments:

Post a Comment

Followers