Gamelan Toetoel, aplikasi gamelan untuk Android buatan anak negeri...

Gamelan Toetoel (Gatoel)
Gamelan Toetoel, merupakan sebuah aplikasi android buatan anak negeri yang cukup membanggakan. Dari namanya saja tentu kita sudah bisa sedikit menebak jika aplikasi ini adalah sebuah aplikasi untuk memainkan salah satu alat musik tradisional indonesia yaitu gamelan, diperangkat android.
Gamelan Toetoel atau yang disingkat menjadi Gatoel ini dikembangkan oleh beberapa orang di Laboratorium B201 Computer and Telematics Engineering Teknik Elektro Institute Teknologi Surabaya (ITS).
Pada aplikasi ini anda bisa memainkan tujuh macam alat musik gamelan, yaitu degung, saron, peking, slentem, kempul, bonang penerus, dan bonang barung dengan dua tangga nada, yakni pelog dan slendro. Untuk memainkannya, anda cukup meng-klik gambar jenis alat musik yang anda inginkan, maka kemudian akan terdengar suara dari alat musik tersebut.
Dengan adanya aplikasi Gatoel ini, sekarang kita sudah bisa memainkan alat musik tradisional yang berkembang di daerah Jawa, Madura, Bali, serta Lombok sejak zaman Majapahit dulu ini diperangkat android kita.
Untuk dapat menikmati aplikasi Gamelan Toetoel ini, anda dapat mendownloadnya di Google Play.Untuk melihat lebih jelas tentang bagaimana cara kerjanya, anda bisa melihatnya di video demo Gamelan Toetoel di bawah ini.

No comments:

Post a Comment

Followers