Samsung : iPhone adalah pengembangan dari desain milik Sony tahun 2006, bukan murni buatan Apple...

iPhone adalah pengembangan dari desain milik Sony tahun 2006
gambar diambil dari : teknoup.com
Perang paten antara Samsung dan Apple terus berlangsung. Apple yang menuduh Samsung menjiplak desain iPhone mentah-mentah kali ini mendapat bantahan dari Samsung. Bantahan ini selain mementahkan tuduhan Apple ternyata juga malah menyudutkan Apple.
Pihak Samsung mengutarakan sebuah argumen yang menyatakan bahwa desain iPhone bukanlah desain murni buatan Apple, melainkan sebuah pengembangan dari desain yang dirancang oleh Sony. Hal ini didasarkan pada sebuah artikel yang menulis tentang sebuah wawancara antara Businessweek dengan desainer produk Sony, Takashi Ashida dan Yujin Morisawa pada tahun 2006 lalu.
Kemudian artikel tersebut disebarkan secara internal oleh Senior Vice President Apple, Tony Fadell kepada CEO Steve Jobs dan Jony Ive. Lalu para desainer Apple menyiapkan sebuah desain produk yang "mirip Sony" untuk produk Apple terbaru mereka yaitu iPhone. Bahkan dalam dokumen internal Apple yang berhasil ditemukan, gambar desain yang diduga sebagai desain awal iPhone ditemukan dalam kondisi masih terdapat nama Sony dibagian belakangnya.

Produk dengan desain mirip kemudian diluncurkan Sony dalam produknya yaitu Walkman NW-A1200. Desainnya tidak banyak ornamen atau polos, tanpa tombol dan hanya layar. Dari situlah, menurut Samsung, desainer Apple kemudian membuat purwarupa seperti gambar dan menjadi desain final iPhone. Demikian saya kutip dari Teknoup.
Dengan kata lain tuduhan Apple kepada Samsung tidaklah berdasar karena Samsung mengembangkan produk dari desain milik Sony yang sudah menjadi info publik, yaitu sebuah desain yang sama dengan yang Apple kembangkan untuk desain iPhone mereka.

No comments:

Post a Comment

Followers