U.S Navy akan menciptakan kapal perang berbahan bakar air laut...

U.S Navy akan menciptakan kapal perang berbahan bakar air laut...
Angkatan Laut Amerika, U.S. Navy , mengerti jika kapal perang mereka membutuhkan banyak bahan bakar untuk terus mengarungi lautan menebar teror kepada negara-negara yang sebenarnya damai. Makanya mereka mulai berpikir bagaimana jika menggunakan air laut yang notabene merupakan medan gerak kapal sekaligus sumber daya yang jumlahnya melimpah untuk digunakan sebagai bahan bakar jet.
Para ilmuwan dari U.S. Naval Research Laboratory saat ini tengah mencari cara untuk mengekstrak carbon dioxide (CO2) dari hydrogen (H2) dari air laut. Kemudian dengan menggunakan sebuah catalytic converter kedua senyawa tersebut dijadikan bahan bakar JP-5 jet fuel yang dapat menjadi sumber tenaga bagi mesin kapal.
Tentu saja prosesnya tak sesimpel penjabaran di atas. Namun para ilmuwan yakin hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil. Jika sistem ini benar-benar bisa direalisasikan maka kapal perang Amerika dapat mengelilingi lautan di dunia tanpa takut kehabisan bakar bakar karena air laut jumlahnya melimpah.
Namun sebenarnya yang paling mengesankan dari teknologi ini adalah kenyataan bahwa ini tidaklah seperti kapal bemesin hidrogen yang sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Sistem ini tidaklah memerlukan biaya yang mahal untuk merombak mesin dieselnya. Bahkan pihak Navy mengatakan bahwa proses yang terjadi dalam sistem ini sangat ramah lingkungan, dan menghasilkan bahan berbahaya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan mesin diesel biasa.
Nah, pertanyaan yang kemudian muncul adalah, kenapa sih nggak kita gunakan saja teknologi ini untuk kendaraan-kendaraan lain yang lebih berguna bagi manusia daripada hanya sekedar digunakan untuk kapal perang yang sebenarnya perang itu sendiri nggak perlu dilakukan???

Referensi : dvice

No comments:

Post a Comment

Followers