memindai iklan di TV dengan teknologi transmisi data dari Fujitsu

memindai iklan di TV dengan teknologi transmisi data dari Fujitsu
Pertama kali saya melihat iklan sebuah produk minuman ion yang Youth Sweet and Beautiful, saya langsung googling untuk mencari informasi lebih lanjut tentang iklan tersebut. Siapa bintangnya, dan apa lagu soundtracknya. Namun ada sedikit kesulitan ketika saya harus mengetikkan keyword apa di search box. Andai saja pada saat itu sudah ada teknologi dari fujitsu ini. Pasti saya tidak akan butuh waktu hingga berhari-hari sampai saya tahu kalau ternyata bintang iklan tersebut adalah gadis asli Indonesia bukan gadis Jepang seperti yang semula saya duga.
Fujitsu tengah mengembangkan sebuah teknologi transmisi data yang menggabungkan teknologi Visible Light dengan digital watermarks yang akan memungkinkan kita untuk memindai sebuah iklan yang sedang tampil di TV menggunakan sebuah smartphone dan langsung searching di Google.
Kelebihan teknologi ini dibandingkan dengan teknologi QR code adalah, teknologi ini tidak akan "mengotori" video iklan dengan label barcode. Video iklan akan tampak "clean" seolah-olah tidak terdapat suatu QR code yang dapat dipindai.
Saat ini teknologi tersebut sedang dalam pengembangan yang intensif. Fujitsu berharap pada 2013 nanti teknologi ini akan siap untuk dikomersilkan.
O iya, setelah saya pikir-pikir mungkin ini agak mirip dengan teknologi Track ID yang ada di ponsel Sony (Ericsson) yang dapat mencari judul lagu melalui koneksi internet ketika diaktifkan saat sebuah lagu diputar.

Referensi :  otakku



No comments:

Post a Comment

Followers