Tiga mahasiswi Universitas Surabaya menciptakan tas punggung yang bisa isi ulang baterai gadget...

Tiga mahasiswi Universitas Surabaya menciptakan tas punggung yang bisa isi ulang baterai gadget...
Tiga orang mahasiswi dari Universitas Surabaya yang bernama Evita Tania (Teknik Industri angkatan 2010), Stella Felicia (Desain Manajemen Produk 2010) dan Cindy Eleanora (Desain Manajemen Produk 2011) berhasil merancang sebuah tas punggung yang dapat berfungsi ganda sebagai charger. Rancangan mereka ini mendapatkan penghargaan sebagai "Best of the Best" pada Lomba Perancangan Tas Nasional 2012 awal Oktober lalu di Bandung.
"Listrik itu dihasilkan dari energi kinetik (gerakan tubuh pemakainya), karena itu tas listrik itu bisa saja disebut sebagai green energy (energi hijau), karena ramah lingkungan. Sebagai prototipe, backpack ini diberi nama "Kinetic Ver 1.0" (Green Kinetic Energy Providing Electricity Backpack)," kata Evita dikutip dari kompas tekno.
"Ide gila" mereka bertiga bermula ketika melihat banyak mahasiswa yang membawa laptop dan gadget lain yang mengalami sedikit masalah ketika ingin mencharge gadget mereka. Normalnya saat mengisi ulang baterai, perangkat harus diam dan tidak mobile. Sehingga mereka berpikir bagaimana agar saat mengisi ulang baterai kita masih tetap bisa mobile.
Ide mereka semakin menemukan titik cerah ketika mereka mulai menyadari bahwa kegiatan seperti berjalan, lari saat telat, dan lainnya membuat banyak energi kinetik terbuang sia-sia. Sehingga ide tas punggung charger ini tercetus.
Dengan memasangkan alat pengubah energi kinetik menjadi energi listrik yang disebut piezoelektrik pada tas, maka ketika terjadi tekanan atau getaran, maka energi tersebut akan diubah menjadi energi listrik selama beraktifitas.
"Alat ini disambungkan ke penyimpan energi listrik yang dapat digunakan men-charge gadget. Saat pengguna backpack memasukkan maupun mengeluarkan barang, saat berjalan, atau gerakan lainnya, alat tersebut akan menyerap energi kinetik dan mengonversinya menjadi energi listrik," Lanjut Evita.
Selain itu, tujuan lain diciptakannya tas punggung ini adalah untuk ikut andil dalam pengembangan teknologi ramah lingkungan yang semakin ari semakin marak disuarakan karena sumber teknologi tak terbarui yang semakin menipis.

Referensi : kompas tekno

No comments:

Post a Comment

Followers