NISSAN tengah memproduksi mobil dengan roda kemudi yang bisa dipindah-pindah

Teknologi Steer by Wire dari NISSAN

Teknologi Steer by Wire yang saat ini tengah dikembangkan oleh NISSAN akan memberikan sensasi tersendiri bagi seluruh pengemudi mobil NISSAN di masa depan. Bagaimana tidak, teknologi ini akan memungkinkan sopir untuk melepas roda kemudi dari posisi "normal" dan menggunakannya di posisi manapun di dalam mobil yang dia kehendaki.
Misalnya saja, ketika seorang sopir Indonenesia yang terbiasa dengan roda kemudi di sisi kanan harus mengemudikan mobil di Amerika yang posisi kemudinya di kiri, maka jika mobil tersebut menggunakan teknologi Steer by Wire dari NISSAN, maka supir Indonesia tersebut akan dengan mudah mengubah posisi mengemudi di sisi kiri. Yeah, meski tetap saja melaju di sisi kanan. Kok bisa begitu???
Sistem ini mengubah sistem kemudi yang saat ini masih menggunakan sistem mekanik, menjadi menggunakan sistem elektronik. Sehingga posisi roda kemudi tidak harus selalu terhubung langsung dengan tuas kemudi. Melainkan bisa berada di bagian manapun di dalam mobil asalkan terhubung dengan kabel yang menghubungkannya dengan unit kontrol.
Selain bisa mengubah posisi kemudi sesuka hati, ternyata teknologi Steer by Wire juga memungkinkan pengguna untuk mengganti roda kemudi dengan joystick. So, mengemudi mobil sungguhan akan semenyenangkan bermain balap mobil di PS.
Rencananya, NISSAN akan mulai memproduksi mobil dengan teknologi ini mulai tahun depan. Dan kemungkinan besar NISSAN Infiniti akan menjadi mobil NISSAN pertama yang menggunakan teknologi Steer by Wire.

referensi : otakku

No comments:

Post a Comment

Followers