Dalam waktu dekat detak jantung akan dapat digunakan sebagai password

JIka kita pelihara seekor kucing, mungkin dia akan mengenali siapa majikannya dan hanya akan patuh dengan majikannya tersebut. Namun bagaimana dengan perangkat gadget kita??? Dengan gampang smartphone atau PC Tablet kita akan digunakan oleh orang lain dengan hanya sedikit sentuhan saja.
Apakah itu artinya kucing lebih canggih dari komputer??? Tentu tidak. Maksud saya membandingkan kedua hal tersebut hanyalah untuk menunjukkan betapa perangkat canggih yang kita miliki bisa dengan mudah digunakan oleh orang lain.
Namun sepertinya hal tersebut akan segera berakhir. Dan sebuah perangkat akan menjadi hanya patuh pada seorang pengguna saja atau dalam bahasa kerennya disebut one man device jika teknologi ini berhasil diwujudkan.
Penggunaan detak jantung sebagai password untuk beberapa perangkat yang kita punyai, seperti smartphone dan PC Tablet,  secara teori akan benar-benar membatasi akses orang lain terhadap perangkat yang kita miliki. Perangkat akan mendeteksi siapa "majikannya" yang sebenarnya melalui detak jantung yang diidentifikasi melalui ujung jari.
Foteini Agrafioti, seorang insinyur dari  University of Toronto mengatakan teknologinya ini dikembangkan dengan Bionym. "ECG biometrics akan mendeteksi irama detak jantung, bukan hanya sekedar mengidentifikasi detak jantungnya saja, melainkan dari detak jantung secara menyeluruh"
Hmm, mungkin jika Walls tahu akan ada teknologi seperti ini, mereka akan memasangkannya pada brankas mereka agar 75 juta Magnum Gold mereka tidak bisa dibobol oleh sepasang suami istri. ^_^

Referensi : ubergizmo

No comments:

Post a Comment

Followers