Teknologi Wireless Windows Sensors...

Teknologi Wireless Windows Sensors
Teknologi Wireless Windows Sensors memang bukanlah hal yang baru lagi. Namun sejauh yang sudah diaplikasikan saat ini, sensor tersebut masih menggunakan kabel yang cukup mengganggu pemandangan. Selain itu, koneksi kabel juga tergolong mudah diterobos hanya dengan memotong kabelnya.
Oleh karena itu diciptakanlah sebuah teknologi baru sensor pada jendela menggunakan wireless di Fraunhofer Institute for Integrated Circuits IIS yang dinilai sangat efektif untuk mengatasi masalah di atas. karena menggunakan teknologi wireless maka sistem ini benar-benar bebas dari jeratan kabel yang artinya lebih rapi, lebih efektif dan efisien tempat, serta lebih tidak terdeteksi.
Sensor ini terdiri dari magnet yang dapat ditempatkan di bawah daun jendela yang juga ditanamkan sensor 3D mini yang tidak hanya dapat mendeteksi letak magnet tetapi juga dapat mendeteksi sudutnya juga. Dengan sistem seperti ini, sensor akan dapat mendeteksi pergerakan bahkan ketika jendela erbuka sedikit.
Pada sistem ini disematkan juga sebuah thermoelectric generator berukuran kecil pada kerangka jendela. Selain itu sebuah solar cell akan mengubah tenaga matahari menjadi sumber tenaga. Sensor ini ditempatkan pada jendela yang berbeda dan dapat berhubungan antara satu jendela dengan yang lain untuk saling bertukar data dengan bantuan nodal RF system
Sayangnya saat ini, teknologi ini baru sebatas konsep dan masih dalam proses pengembangan. namun pihak pengembang yakin bahwa kelak di masa depan sistem ini akan sangat membantu terutama dalam hal sistem keamanan.

Referensi : ubergizmo

No comments:

Post a Comment

Followers