Eliodomestic, teknologi sederhana untuk mengubah air laut menjadi air tawar yang bisa dikonsumsi...

Eliodomestic
Masalah kelangkaan air bersih yang semakin parah memaksa orang untuk berpikir lebih kreatif demi bertahan hidup. Seperti yang dilakukan oleh seorang yang bernama Gabriele Diamanti yang membuat sebuah alat yang dapat mengubah air laut menjadi air tawar.
Alat buatannya tersebut diberi nama Eliodomestico. Sebuah alat pemurni air laut yang wujudnya hampir menyerupai sebuah tungku pembakaran. Dengan bantuan tenaga matahari, alat ciptaannya ini akan bekerja menghasilkan sumber air baru demi kelangsungan hidup yang lebih baik.
Sistem kerjanya mirip dengan sistem penyulingan yaitu air laut yang asin diletakkan di bagian atas dari Eliodomestic yang terbuat dari keramik. Kemudian dengan bantuan panas matahari air tersebut akan menguap dan dimurnikan. Air laut yang sudah dimurnikan menjadi air tawar tersebut kemudian merembes ke bagian bawah dimana sudah disiapkan sebuah penampung yang dapat diambil dengan mudah.
Alat ini diklaim mampu menghasilkan 5 liter air bersih perhari dengan biaya pembuatan sekitar $50. Harga yang cukup murah bukan??? Terlebih lagi, sang kreator mengklaim bahwa alat ini tidak memerlukan perawatan. Dengan kata lain tidak ada biaya tambahan selain biaya pembuatan.
Eliodomestic 02

Eliodomestic 03

Eliodomestic 04

Eliodomestic, teknologi sederhana untuk mengubah air laut menjadi air tawar yang bisa dikonsumsi
Referensi : otakku.com

No comments:

Post a Comment

Followers