StethoCloud, penggabungan stetoskop dan ponsel untuk mendeteksi radang paru-paru...

StethoCloud, penggabungan stetoskop dan ponsel untuk mendeteksi radang paru-paru...
Teknologi terus berkembang dan satu sama lain sengaja atau tidak sengaja terkadang bisa berfungsi ganda ataupun bisa dipadukan untuk sebuah teknologi baru yang lebih simple yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan. Seperti teknologi ponsel yang sebelumnya hanya untuk berkirim pesan akhirnya saat ini bisa digunakan untuk bermacam-macam hal seperti membayar belanjaan, dan juga cek kesehatan.
Yang terbaru yang saya temukan adalah sebuah teknologi yang disebut dengan StethoCloud. Teknologi ini merupakan teknologi yang bentuknya menyerupai stetoskop yang dipadukan dengan teknologi smartphone. Fungsi dari alat ini adalah untuk mendeteksi radang paru-paru atau pneumonia.
Pemakaiannya sangat simple. Anda hanya perlu menghubungkan sebuah alat yang mirip stetoskop dengan smartphone melalui jack earphone. Kemudian anda menggunakannya layaknya menggunakan sebuah stetoskop. Dengan menggunakan sebuah aplikasi khusus, StethoCloud akan bekerja mendeteksi apakah anda terkena radang paru-paru atau tidak.
Alat ini diciptakan utuk membantu orang-orang dinegara berkembang yang jauh dari fasilitas rumah sakit yang memadahi agar dapat mendeteksi sedini mungkin penyakit ini untuk kemudian segera mendapat penanganan.
Dengan harga yang hanya sekitar $20, saya rasa tidaklah cukup mahal. Apalagi jika bisa membeli smartphone yang bisa menjalankan aplikasi ini berarti $20 bukanlah uang yang tidak bisa dimilikinya. ^_^

Referensi : otakku.com

No comments:

Post a Comment

Followers