Solar bag, tas penampung dan penjernih air tanpa bahan kimia...

Setiap musim kemarau tiba, warga gunung kidul akan mulai gelisah karena kekeringan tidak dapat mereka hindari setiap tahunnya. Permasalahan yang sangat classic pada saat demikian adalah ketersediaan sumber air yang jauh, sedikit, dan belum tentu bersih.
Betapa sengsaranya mereka karena harus berjalan berkilo-kilo meter hanya untuk mencari beberapa liter air untuk kebutuhan mereka sehari hari. Sudah mencarinya jauh, setelah ketemu pun belum tentu air nya bersih dan siap minum.
Nah, ada sedikit solusi nih dari mancanegara sana. Konon telah dibuat sebuah tas yang dapat digunakan untuk menampung air, yang berfungsi juga untuk menjernihkan air yang ditampung tersebut manjadi air yang siap minum tanpa bahan kimia. Tas penampung dan penjernih air tersebut diberi nama Solar Bag.
Tas ini dapat menampung hingga 9,4 liter air dalam sekali angkut. Selama pengangkutan air tersebut akan mengalami proses penjernihan yang memanfaatkan tenaga matahari. Tentunya jika anda membawa tas ini di bawah terik matahari. Atau anda bisa juga menjemurnya dengan sengaja di bawah terik matahari.
Dengan sistem yang disebut dengan SODIS (solar water disinfection), proses penjernihan air akan berlangsung sekitar 6 jam hingga air yang ada di dalam Solar Bag siap minum. Hmm, berapa jam sih yang orang Gunung Kidul lakukan untuk mengangkut air dari sumber ke rumah mereka???
Solar bag rencananya akan dijual dengan harga $ 5 atau sekitar 50.000 rupiah kurang sedikit. Namun saat ini Solar Bag masih dalam tahap “testing”. Dan jika banyak pihak yang menyetujui, mendonasi, ataupun berinvestasi dalam proyek ini, maka tidak mustahil dalam waktu dekat Solar Bag akan dilempar ke pasaran global.

Informasi dan gambar didapat dari : otakku.com

No comments:

Post a Comment

Followers