Mahasiswa dari John Hopkins University tengah mengembangkan alat pendeteksi anemia menggunakan ponsel...

Mahasiswa dari John Hopkins University tengah mengembangkan alat pendeteksi anemia menggunakan ponsel...
gambar dan informasi didapat dari : otakku.com
Seorang mahasiswa dari John Hopkins University dikabarkan tengah mengembangkan sebuah alat sederhana yang bisa digunakan untuk mendeteksi anemia yang disebut dengan HemoGlobe. Alat ini bekerja dengan menggunakan bantuan ponsel anda.
Ketika jari anda dimasukkan kedalam alat yang bentuknya seperti yang bisa anda lihat pada gambar di atas, maka sensor yang terdapat pada alat tersebut akan segera mendeteksi jumlah kandungan hemoglobin anda.
Setelah itu, hasilnya dapat langsung anda lihat di layar ponsel. Hasil test ini juga dapat anda kirimkan ke server melalui SMS ke nomer tertentu seperti nomer rumah sakit ataupun yang lainnya.
Teknologi semacam ini memang bukanlah sesuatu yang baru dalam dunia kesehatan. Namun dengan harganya yang murah yaitu hanya sekitar $20, saya rasa beberapa klinik kesehatan ataupun puskesmas tidak akan merasa kemahalan untuk membelinya.
Yeah, meskipun untuk mendeteksi anemia sebenarnya ada cara lain yang jauh lebih murah dan mudah, yaitu dengan jongkok. Seperti yang pernah saya dengar, jika kita jongkok beberapa saat kemudian saat berdiri pandangan jadi kabur dan berkunang kunang, itu berarti kita terkena anemia atau kekurangan darah. Untuk mengobatinya, banyak-banyak makan daging dah. Ya-Ha!!!!

No comments:

Post a Comment

Followers