Uji Trial Robot Penjaga Penjara di Korea Selatan

Sudah bukan sekedar rencana lagi bahwa Korea Selatan akan menggunakan robot sebagai sipir penjara. Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya ujicoba robot sipir ini pada salah satu penjara di kota Pohang selama 1 bulan dimulai bulan Maret. Proyek ini memakan biaya sekitar 1 miliar won atau sekitar $863.000.
Robot ini bekerja melakukan patroli di lingkup penjara untuk kemudian memberi tanda jika ada gerak-gerik tahanan yang mencurigakan. Selain itu robot ini juga dirancang untuk berkomunikasi dengan sipir manusia, sehingga diharapkan perpaduan kerjasama robot dan manusia ini dapat menjadikan suasana penjara menjadi lebih "menyeramkan".

Indonesia sebagai salah satu negara berpenduduk terbanyak ke-3 dunia yang menghasilkan koruptor-koruptor nomer wahid di Asia, sepertinya memerlukan robot semacam ini agar tidak ada lagi surga di penjara seperti yang santer dikabarkan saat ini. Karena jika mau disuap, disuap pake apa??? mau diancem, keluarga saja tidak punya. Saya rasa $863.000 adalah harga yang masih sangat murah dibanding total uang yang sudah dikorup pihak-pihak yang berwenang. [via : allofstrange]

No comments:

Post a Comment

Followers