Alat cek kanker payudara portable

Nihon University memperkenalkan sebuah alat pengecek kanter payudara portable pada Medica 2011,yaitu sejenis pameran peralatan kesehatan yang diadakan pada 16-19 November 2011 di Dusseldorf, Jerman.
Alat checker ini dipamerkan di Jepang Pavilion, sebuah stan Jepang Eksternal Trade Organization (JETRO). Alat ini tergolong kecil dan cukup ringan untuk dipegang oleh satu tangan dan diterapkan pada payudara. Sayangnya kita (techon.nikkeibp) tidak diijinkan untuk mengambil gambar prototipe dari alat ini.

Untuk checker kanker payudara ini Nihon University menggunakan teknologi yang disebut "phase shift method." Yaitu sejenis pemancar dan penerima elemen cahaya menggunakan LED yang akan dijamahkan di payudara. Sistem kerjanya adalah sebagai berikut :
Checker memancarkan cahaya dengan panjang gelombang 850nm dan mendeteksi cahaya yang dipantulkan dari payudara. Jika terdeteksi ada kanker maka warna yang dipantulkan akan sedikit berbeda (merah) dari warna daerah sekitarnya karena konsentrasi pembuluh darah, demikian tutur pihak universitas. Ini terjadi karena, lebih banyak cahaya yang diserap di daerah yang terserang kanker, sehingga mengurangi jumlah cahaya yang dipantulkan dari daerah tersebut. "Checker ini sedang dalam pengujian menggunakan binatang" tutur pihak universitas Nihon.
Dengan adanya alat ini akan banyak nyawa yang terselamatkan, dan akan terjaga salah satu sumber keindahan di alam semesta ini.

No comments:

Post a Comment

Followers