Robot Burung yang sangat mirip dengan aslinya [video]

Tak bisa dipungkiri bahwa Wright bersaudara menemukan pesawat terbang karena terinspirasi dari cara terbang burung. Dan setelah puluhan tahun pesawat ditemukan, belum satupun yang bisa menciptakan pesawat yang cara terbangnya benar-benar seperti burung. Hingga akhirnya perusahaan yang bernama Festo membuat sebuah terobosan baru. Meski tidak digunakan untuk mengangkut penumpang, burung besi buatan Festo ini sungguh luar biasa. Dalam kondisi terbang burung besi yang diberi nama SmartBird ini bukan hanya mampu terbang dengan damai, tetapi juga mampu mengepak-ngepakkan sayap dan meliuk-liuk ibarat burung yang sesungguhnya.

Burung besi ini dibuat dari material Karbon Fiber dan elektronik kontrol dengan berat badan sekitar 0.4 kg. Desainnya sendiri murni terinspirasi dari bentuk burung camar (anda bisa melihatnya pada video di bawah). Dan jangan heran jika SmartBird memiliki keahlian terbang yang hampir sama dengan burung aslinya. Karena memang SmartBird merupakan sebuah robot dengan sistem aerodinamika yang mengagumkan, dan sistem mekanik industri, permesinan, listrik pemakain dan listrik instalasi yang sangat rumit. Smartbird dilengkapi dengan teknologi Radio Zigbee untuk menyampaikan informasi penerbangannya ke komputer pengontrol. Dan dengan teknologi itu juga SmartBird akan menerima perintah, trek terbang dan dimana dia akan hinggap.
Sekarang pertanyaannya adalah untuk apa robot ini diciptakan??? Jawabannya simple, seperti pepatah Jepang bilang "Tak perlu ada alasan untuk seorang anak mengabdi kepada orang tuanya" SmartBird pun tak akan pernah keberatan jika nantinya penciptaanya hanya digunakan untuk mainan anak-anak. Sayangnya hal itu mungkin tidak akan pernah terjadi, karena sepertinya Dinas Pertahanan dan Keamanan setempat telah melirik teknologi tersebut untuk dijadikan senjata mata-mata. Memang bukan hal yang mustahil jika teknologi secanggih itu digunakan untuk keperluan militer. Yang mustahil adalah jika SmartBird hanya dijadikan sebagai mainan remot kontrol anak-anak.
Untuk mengobati penasaran anda, alangkah baiknya jika anda lihat saja video di bawah ini!!!.

No comments:

Post a Comment

Followers