Kandang Kebun modern

Lahan pertanian mulai menyempit akibat invasi pemukiman penduduk. Namun jumlah penduduk yang semakin  bertambah membutuhkan jumlah makanan yang semakin bertambah pula. Jika dibiarkan terus terjadi hal ini akan menjadi bumerang bagi manusia. Beberapa hal telah ditempuh diantaranya pengendalian jumlah kelahiran dengan program KB dan pembangunan rumah susun. Namun hal ini dirasa masih belum cukup. 
Dr.Hakan Gürsu akhirnya menawarkan sebuah solusi baru yang dia sebut dengan Pet Tree Vertical eco planting system. Sistem ini memungkinkan kita untuk menanam pohon dengan penghematan lahan yang keterlaluan. Perlu anda ketahui, sistem ini telah memenangkan Penghargaan Green Dot Awards and International Design Awards
Dikutip dari Tuvie.com, Sistem ini menggunakan bahan daur ulang seperti botol yang kemudian disusun sedemikian rupa menjadi seperti sebuah rak pot yang dilengkapi dengan sistem terasering/ pengairan yang inovatif dari hasil mengumpulkan air hujan. Satu kali dayung dua tiga pulau terlampaui, mungkin ini sangat cocok untuk menggambarkan sistem ini. Karena disamping menghemat lahan, sistem ini juga mendaur ulang bahan-bahan yang semestinya sudah masuk ke tempat pembuangan seperti botol-botol bekas. Saya rasa hal ini merupakan sesuatu yang luar biasa dan sangat dibutuhkan di kota-kota besar saat ini. Bayangkan saja jika sistem ini diterapkan oleh tiap-tiap rumah di Jakarta. Sungai Ciliwung tidak akan penuh dengan sampah botol, Perumahan penduduk terasa lebih sejuk dan kebutuhan gizi keluarga akan terbantu jika yang ditanam adalah sayur mayur. Selain itu jika tiap rumah menggunakan sistem ini, bisa saja kita akan mengalami swasembada sayuran, ya to???
Nah, konsep sepenuhnya bisa anda lihat di video di bawah ini...

PET TREE from designnobis on Vimeo.

No comments:

Post a Comment

Followers