Sepatu anti kekerasan Seksual

Sebagai salah satu warga Indonesia kita boleh berbangga dengan penemuan seorang siswa kelas VIII di SMPN 1 Bogor ini. Prihatin akan maraknya tindak kejahatan terhadap wanita, terutama tindakan pelecehan seksual, Hibar Syahrul Gafur terinspirasi untuk membuat suatu senjata ampuh bagi kaum wanita.
Dia menciptakan sebuah sepatu yang dilengkapi dengan tenaga kejut listrik 2000 volt yang disebut sepatu anti kekerasan seksual. Nah, loh!!! Dengan tenaga listrik sebesar itu, pria keker pun pasti bakalan kejang juga.
Hilbar memilih sepatu sebagai media "senjata" karena melihat wanita suka dan hampir selalu mengenakan sepatu saat keluar dari rumah. Sebenarnya ide ini tidak langsung terjurus pada sepatu. Sebelumnya Hilbar juga sempat berpikir untuk membuat Celana dalam atau juga Bra dengan teknologi sejenis. Namun karena pertimbangan keamanan, ide ini diurungkan. Nggak lucu kan kalau pingin melindungi diri malah justru tubuhnya sendiri yang tersengat listriik???

“Masak sih harus nunggu korbannya ditelanjangi dulu? Nah, dari situlah saya kemudian mulai berpikir untuk menciptakan alat pengaman yang aman dipakai, bermanfaat, dan pas bagi penggunanya. Sepatu listrik akhirnya menjadi pilihannya, karena hampir sebagian besar wanita selalu mengenakan sepatu ketika keluar rumah atau bekerja,” kata Hibar Syahrul Gafur dikutip dari Majalah Sains Indonesia.
Siswa yang mengikuti ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja di SMP nya ini kemudian mendapat informasi jika ada lomba karya ilmiah yang diselenggarakan oleh LIPI. Kemudian dia mendaftarkan sepatu anti kekerasan seksual ini dan terpilih masuk dalam 25 besar.  Dari situ, dia terpilih untuk mengikuti pameran peneliti remaja Indonesia (PRI). Dia pun ikut lomba National Young Invertor Award (NYIA) ke-5 di Gedung Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
Referensi : radar-bogor dan sainsindonesia

No comments:

Post a Comment

Followers