Robot keramas...

Jepang telah merancang sebuah robot yang ditujukan untuk membantu kalangan lanjut usia dan mereka yang menderita cacat. Kemampuan robot berikut adalah membantu seseorang untuk mencuci rambutnya. ARobot tersebut dirancang oleh perusahaan raksasa Jepang Panasonic. Robot ini diklaim dapat menggantikan kinerja manusia tanpa mengurangi kualitasnya.
Robot ini memiliki 24 jari-jari berteknologi tinggi untuk melakukan  proses pencucian rambut. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar tiga menit untuk sekali keramas, sedangkan untuk penambahan layanan condotioner dan blow-dry butuh tambahan waktu lima menit.

"Kami akan mengembangkan teknologi yang berfokus pada layanan bagi kalangan lanjut usia dan cacat di Jepang. Kami juga akan mengekspor teknologi tersebut ke wilayah lain seperti Korea Selatan dan China," kata sang pengembang robot ini, Tohru Nakamura, seperti dikutip detikINET.
Robot pencuci ini dilaporkan masih belum tersedia di pasaran dan harganyapun masih belum ditentukan. Panasonic akan membuka penjualan robot ini mulai tahun depan dengan target pengguna kalangan rumah sakit.

No comments:

Post a Comment

Followers