Pavegen, mengubah setiap langkah jejak kaki menjadi energi listrik

pavegen, karya Laurence Kemball-Cook
Di dunia yang semakin kehabisan sumber daya alam ini, pencarian sumber energi baru menjadi sebuah pokok penelitian yang paling gencar dilakukan sekarang ini. Para peneliti mulai berpikir bagaimana menghasilkan sebuah sumber energi baru tanpa perlu kita harus melakukan sebuah tindakan khusus yang menambah beban hidup lagi.
Dan dengan dasar kebutuhan yang begitu spesifik, sebuah teknologi yang disebut dengan "Pavegen" hadir melalui buah pikiran seorang penemu berkebangsaan Inggris bernama Laurence Kemball-Cook. Sebuah teknologi revolusioner yang akan memanfaatkan setiap langkah manusia menjadi sumber energi yang bergitu berarti dan ramah lingkungan tentunya.
Melihat begitu banyaknya masyarakat yang berjalan kaki menyusuri jalan-jalan di kota-kota di Inggris dan negara Eropa lainnya, Pavegen akan berfungsi sebagai konverter bagi energi kinetis yang terjadi dari setiap langkah manusia.
Penjelasan sederhananya adalah Pavegen akan dipasang di lantai jalanan, dan setiap energi kinetik yang dihasilkan dari setiap jengkal langkah kaki yang menyentuh permukaannya akan diubah menjadi energi listrik. Listrik tersebut kemudian akan digunakan untuk mendayai lampu-lampu jalan, dan beberapa listrik perumahan. 
Masa depan yang sungguh indah, tanpa mobil dan motor yang jumlahnya terlalu banyak, dan digantikan dengan sepeda dan jalan kaki dengan sekeliling jalan yang naturalis futuristik. He he, berlebihan yak??? ^_^

Referensi : ubergizmo

No comments:

Post a Comment

Followers